7 Aplikasi Agar Tidak Kecanduan Smartphone yang Patut Anda Coba

7 Aplikasi Agar Tidak Kecanduan Smartphone yang Patut Anda Coba – Ponsel pintar atau smartphone ini lebih digandrungi. Sebab disamping bentuknya mobile juga memiliki fungsi yang mempermudah pekerjaan anda, sekaligus menjadi perangkat hiburan. Fungsi yang lengkap di dalam smartphone membuat kebanyakan orang lebih memilih memakai smartphone daripada komputer untuk online atau bermain game. Hal ini bisa saja mengakibatkan kecanduan. Tapi sekarang sudah ada aplikasi agar tidak kecanduan smartphone yang bisa anda gunakan.

7 Aplikasi Agar Tidak Kecanduan Smartphone yang Patut Anda Coba

7 Aplikasi Agar Tidak Kecanduan Smartphone yang Patut Anda Coba

Sadar atau tidak, banyak pengguna smartphone yang tidak dapat lepas dari smartphone dengan berlebihan. Gejala ini sering disebut dengan kecanduan smartphone. Yakni sulit menggunakan smartphone walau beberapa menit. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba beberapa aplikasi agar tidak kecanduan smartphone secara berlebihan. Apa saja aplikasi itu? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Forest

Forest

Forest adalah salah satu jenis aplikasi yang unik. Saat aplikasi ini diaktifkan, maka bisa mencatat lama waktu penggunaan smartphone dengan bentuk pohon virtual. Jika smartphone anda tidak dipakai dalam jangka waktu lama, maka pohon yang anda tanam bisa semakin besar. Tetapi sebaliknya, pohon bisa mati bila pengguna keluar dari halaman aplikasi Forest.

Bila anda ingin menanam, maka tinggal mengatur timer mulai dari waktu 10 menit sampai dengan 120 menit. Kemudian tap plant bila anda ingin memakai smartphone lagi. Lalu tap give up untuk keluar.

Aplikasi Forest menawarkan fitur tambahan berupa Ad-free dan fitur penyimpanan hutan pada Cloud. Bila pengguna tidak ingin terganggu iklan, anda tinggal matikan koneksi internet saat menggunakan Forest. Dengan demikian, iklan tidak akan muncul.

2. Offtime

Offtime

Salah satu aplikasi agar tidak kecanduan smartphone yang bisa anda coba adalah Offtime. Ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa memblokir aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook. Serta aplikasi lain yang bisa membuat anda merasa ketergantungan. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat memantau berapa lama waktu yang digunakan untuk bisa mengakses berbagai macam aplikasi di Android anda.

3. Quality Time

Quality Time

Penggunaan smartphone anda seberapa intens dan aplikasi apa yang sering anda gunakan? Berapa banyak kuota data yang bisa dihabiskan dalam satu hari? Semua jawaban dari pertanyaan ini bisa ditemukan pada aplikasi yang bernama Quality Time.

Aplikasi ini menyajikan laporan penggunaan smartphone dengan mendetail. Anda dapat mengetahui seperti apa frekuensi ketika membuka layar dalam satu hari. Apa saja daftar aplikasi yang sering digunakan dan lama penggunaannya. Sampai adanya grafis penggunaan smartphone setiap hari. Semuanya disajikan lewat visualisasi menarik sehingga sangat mudah untuk dipahami.

4. Clear Lock

Clear Lock

Salah satu fitur utama dari Clear Lock adalah memblokir aplikasi yang ada di smartphone anda. Aplikasi yang sedang diblokir nantinya tidak dapat dipakai untuk sementara waktu. Pengguna bisa mengatur waktu pemblokiran dari 10 menit sampai dengan 12 jam.

Aplikasi Clear Lock juga telah menyediakan versi pro dengan harga yang terjangkau hanya sekitar 24 ribuan. Pengguna versi pro bisa memperoleh fitur Schedule Lock Session yang bisa memungkinkan penjadwalan waktu blokir aplikasi dan juga Widget Quick Start.

5. Break Free

Break Free

Ketika anda menggunakan aplikasi Break Free, ini bisa membantu anda untuk menganalisis tingkat kecanduan terhadap smartphone. Hasil analisis diperoleh dari berapa lama waktu penggunaan smartphone dan berapa kali lockscreen dibuka oleh pengguna smartphone. Jika anda semakin jarang menggunakan smartphone, tentu akan semakin rendah addiction skor yang diperoleh.

Pengguna bisa memantau addiction skor per hari, mingguan atau per bulan. Agar bisa mengurangi ketergantungan dengan smartphone, aplikasi Break Free sudah menyiapkan 3 tools. Terdiri dari Break Free Now, Break Free Schedule dan Notification and Pop Ups.

6. AppDetox

AppDetox

Saat anda menggunakan aplikasi AppDetox, maka anda dapat memantau seperti apa penggunaan aplikasi anda sehari-hari. Ketika menggunakan aplikasi ini, anda dapat menguji aplikasi yang paling sering anda gunakan agar bisa mengurangi ketergantungan dari pemakaian smartphone yang berlebihan.

Mulai sekarang, anda bisa mengurangi intensitas penggunaan smartphone hanya untuk hal-hal yang penting saja. Hal ini juga bisa menjadi cara agar anda tidak sampai kecanduan terhadap smartphone.

7. Smartphone Addiction Timer

Smartphone Addiction Timer

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah mengunci smartphone. Pengguna bisa mengatur berapa lama waktu smartphone terkunci. Tampilan Smartphone Addiction Timer bisa dibilang sederhana. Halaman utamanya hanya menawarkan tampilan timer dan di bawahnya memiliki tombol setting dan tombol start.

Anda bisa tap tombol setting agar bisa mengatur lamanya waktu smartphone terkunci. Selain itu, tombol start bisa digunakan untuk mulai mengunci. Smartphone Addiction Timer juga bisa menawarkan powerful lock mode. Bila diaktifkan, maka pengguna tidak dapat menghapus aplikasi tersebut.

Bila anda ingin menggunakan aplikasi agar tidak kecanduan smartphone yang satu ini, sebaiknya anda berhati-hati. Sebab jika anda sudah tab tombol start, maka pengguna tidak bisa membatalkan penguncian smartphone. Mau tidak mau anda harus sabar untuk menunggu sampai waktunya habis.

Tinggalkan komentar